Widget Ads

Komponen

Modul TCP Wiznet NM7010A


Komponen yang satu ini dibuat oleh Wiznet, sesuai dengan namanya modul ini digunakan untuk mengirim dan menerima data lewat ethernet (TCP/IP). Dapat dibaca spesifikasi detail tentang komponen ini di website resmi wiznet (https://www.wiznet.co.kr/product-item/w7100a/) Perlu kita ketahui bahwa tidak semua komponen yang kita butuhkan terjual di Indonesia, dan komponen yang satu ini agak susah didapat di Indonesia. Namun tidak perlu bersedih karena di Indonesia malah sudah berbentuk sebuah modul bukan lagi hanya sebuah IC. Dari sisi penggunaan juga akan lebih praktis walau dimensinya jelas lebih besar. Sebenarnya sangat banyak pengaplikasian modul ini namun pada kesempatan kali ini hanya akan membahas satu dari sekian kegunaan modul ini. Walau banyak kegunaan harga modul ini sebenarnya terjangkau, hanya sekitar IDR 500K dan dapat dibeli di beberapa toko elektronika di Indonesia. Sehingga dapat dijadikan modul favorit untuk membuat projek-projek yang membutuhkan port Ethernet.
Modul ini biasanya digunakan dalam sebuah projek mikrokontroler yang berhubungan dengan komunikasi TCP/IP dan kami biasanya menggunakannya untuk pasangan mikrokontroler keluarga AVR dengan menggunakan bahasa penghubung, BASCOM AVR. Pengaplikasian pada mikrokontroler dapat digunakan sebagai pengiriman data TCP ataupun sebagai WebServer secara langsung dengan kode yang hampir mirip. Jika sudah dipasangkan ke mikrokontroler kita dapat membuat sebuah aplikasi berbasis web atau aplikasi desktop atau bahkan berbasis mikrokontroler itu sendiri karena dapat digunakan sebagai client, ataupun sebagai server.
Contoh projek yang sudah kami buat menggunakan modul ini adalah :
1. LMS (Sistem Monitoring Laborat), alat yang digunakan untuk memonitor suhu, kelembaban dan tegangan pada suatu laborat .
2. Sistem Antrian Otomatis, alat yang digunakan untuk membantu sistem antrian berbasis mikrokontroler.
3. dan berbagai projek lain yang terkait dengan TCP/IP kami pasti menggunakan modul ini.
Jika anda sedang membuat projek dengan AVR dan sistem komunikasi ethernet, kami sarankan pakai modul ini saja. Dan jika membutuhkan bantuan tentang projek yang terkait tulisan ini, silahkan hubungi kami.

 

Baca Juga

TULISKAN KOMENTAR KAMU

Wajib diisi (No.hp akan kami rahasiakan)*

Nama *

Alamat *

No.hp *