Widget Ads

Arduino

Driver Seven Segment


Sering kali kita kesulitan untuk mengendalikan seven segment yang berjumlah banyak karena port arduino yang terbatas. Tentu kita memerlukan bantuan sebuah driver untuk mengedalikan seven segment yang berjumlah banyak. Ada banyak jenis driver yang ada di pasaran. Dan kali ini kita akan membahas salah satu driver / pengendali seven segment salah satu modul buatan Joatsy Indonesia.
Driver ini sangat simple dan dapat digandakan kelipatan 4 seven segment. Dengan mengandalkan IC Shift Register 74HC595 modul ini hanya membutuhkan 4 buah pin (sudah termasuk + dan - atau dengan kata lain hanya 2 pin clock dan data). Agar tidak kehilangan level tegangan pada jalur data dan clock modul ini dilengkapi dengan pull up ke vcc sehingga jalur yang panjang tidak akan mengganggu pengiriman data. Ditambah dengan 2 buah led pada tengah modul, walau tidak dapat dikendalikan led tersebut dapat menjadi spasi antara 2 digit angka. Karena memang dari desain awal modul ini dikhususkan untuk produk jam sholat. Jika menginginkan untuk keperluan lain yang menghendaki led tengah dapat dikendalikan maka perlu sedikit modifikasi. Kelebihan modul ini selain hanya membutuhkan 4 pin input, modul ini juga mempunyai 4 pin output. Sehingga akan sangat mudah menambahkan modul lagi dengan jumlah banyak tanpa perlu mengubah banyak jalur, cukup paralel saja.
Diluar segudang kelebihan tersebut, masih ada lagi sisi positif dari modul ini, yaitu dengan adanya sebuah library arduino yang dapat digunakan untuk memprogram modul ini. Library ini juga dapat digunakan untuk mengendalikan segala macam modul yang dibuat dengan IC shift register serupa. Yang terpenting sambungan IC sama dengan konsep yang dibuat Joatsy Indonesia ini (hanya membutuhkan 2 pin). Library arduino ini dapat diunduh disini.

Pemrograman
 

#include ‹joatsyjashosegment.h›

JoatsyJashoSegment segment(MODUL_1DOT5_INCHI, 8, 7, 4, 0.1);

void setup() {
  segment.clear();
  delay(1000);
  segment.displaytest(100);
  delay(1000);
  segment.displaytest_number(1);
  delay(2000);
  segment.build(0,8);
  segment.build(1,7);
  segment.build(2,6);
  segment.build(3,5);
  segment.displaydata();
}

void loop() {

}

Untuk menggunakan library ini pertama kali yang harus kita tulis selain memanggil library adalah JoatsyJashoSegment segment(MODUL_1DOT5_INCHI, 8, 7, 24, 0.1); fungsi ini memiliki arti inisialisasi modul dengan nama 'segment' dan parameter pertama adalah tipe modulnya (MODUL_1DOT5_INCHI) selanjutnya merupakan pin arduino yang disambungkan pada pin data (8) dan clock (7). Disusul parameter jumlah seveng segment (24 pcs = 6 modul) dan yang terakhir adalah delay (0.1), semakin besar nilai delay ini maka semakin kelihatan perubahan data pada modul dan nilai yang disarankan adalah 0.1

Fungsi selanjutnya adalah segment.clear(); yang berfungsi untuk membersihkan tampilan seven segment yang sebelumnya. Secara teknis, fungsi ini akan mengirimkan logic 1 ke semua segment sehingga semua led pada segment akan mati (jika commond anoda). Kemudian baris kode segment.displaytest(100); untuk test nyala segment satu per satu dengan cara digilir satu persatu sesuai nilai parameter delay yang dimasukan dalam satuan ms (100), semakin besar nilai delay maka semakin kelihatan pergerakan nyala segment nya. Sehingga akan tau segment mana yang normal dan mana yang ada masalah sambungan (atau rusak).

Selanjutnya baris kode segment.displaytest_number(1); berfungsi untuk testing tampilan nomor (0-9) pada semua segment. Angka 0 akan berada pada segment paling kanan dan berlanjut ke kiri sesuai jumlah segment pada inisialisasi. Sedangkan untuk menyalakan nilai sesuai data nomor yang kita inginkan maka gunakan fungsi segment.build(0,8); untuk mengeset data angka 8 pada segment ke-0 (pertama). Namun fungsi tersebut akan sia sia jika kita lupa menuliskan segment.displaydata(); karena baris kode tersebut akan menampilkan data nomor yang telah kita set pada fungsi build.

Selengkapnya silahkan lihat video berikut ini

Jika anda tertarik memiliki modul ini dapat dibeli melalui :
Modul Driver Seven Segment 1.5 inchi
Modul Driver Seven Segment 1 inchi
 

Baca Juga

TULISKAN KOMENTAR KAMU

Wajib diisi (No.hp akan kami rahasiakan)*

Nama *

Alamat *

No.hp *