Widget Ads

Tutorial

Mengekspor Desain PCB ke CorelDraw


Seringkali kita menggunakan aplikasi desainer pcb yang berbeda-beda, sebenarnya tidak ada masalah yang ditimbulkan sebelum kita perlu untuk mencetaknya. Karena jika ingin kita cetak di tempat lain yang belum tentu pada komputer tempat kita mencetak terinstal aplikasi desainer pcb yang sama.
Pada beberapa aplikasi desainer telah disediakan fasiltias untuk mengekspor ke PDF atau ke JPG/BMP namun tidak semua hasil eksport ke PDF sesuai ukuran asli jika tercetak. Apalagi format BMP atau JPG karena semua berpatok pada pixel bukan milimeter atau centimeter.
Maka dari itu kita perlu mengkonversi ke format yang lebih konsisten dalam urusan ukuran milimeter atau centimeter, dan salah satunya adalah CorelDraw. Sebenarnya tidak hanya Corel yang bisa kita gunakan, Microsoft Word saja bisa. Namun dalam dunia cetak mencetak desain CorelDraw lebih disarankan daripada format lain.
Kelebihan saat kita eksport ke CorelDraw adalah kita dapat menambahkan berbagai desain pada pcb kita, misalnya tulisan, logo, atau apapun karena memang CorelDraw digunakan untuk desain vector sehingga kita dapat mengeksplore kreatifitas untuk mempercantik desain PCB kita. Kelebihan lainnya adalah format ini bisa dikonversi ke format apapun dengan ukuran yang sudah pas sesuai yang kita tentukan sehingga jika pada komputer pencetak tidak memiliki CorelDraw kita bisa mengkonversikannya ke PDF untuk langsung dicetak (seusai melalui proses editing di CorelDraw).
Lalu bagaimana cara mengkonversinya?
1. Misal kita menggunakan ARES dari PROTEUS, kita tinggal pilih menu Eksport ke BMP. Jika menggunakan aplikasi desainer lainnya yang penting kita simpan ke format JPG/BMP.
2. Setelah menjadi BMP kita edit melalui Ms.PAINT untuk menghilangkan area yang tidak perlu atau mengeblok area yang kosong.
3. Setelah tersimpan, kita insert ke Corel dengan cara drag n drop ke lembar CorelDraw.
4. Klik objek gambar, lalu pilih ukuran dan klik LOCK untuk menjaga perbandingan lebar dan panjang objek. Kita pilih ukuran sesuai dengan ukuran asli objek pada desainer pcb. Misalnya ukuran asli adalah 30cm x 20cm maka kita tuliskan pada lebar adalah 20cm nanti panjangnya otomatis akan mengikuti perbandingan objek.
5. Tinggal dipercantik, bisa diberi logo atau diedit sesuai kebutuhan.
6. Simpan dalam format CorelDraw yang lebih banyak digunakan orang lain, soalnya jika kita menggunakan versi CorelDraw7 belum tentu orang lain atau percetakan menggunakan versi yang sama. Padalah versi corel yang tinggi hanya mampu dibukan pada versi corel yang sesuai. Berbeda jika kita simpan ke versi yang lebih rendah, karena versi tinggi tetap mampu membuka file dengan versi rendah. Maka saran kami adalah simpan ke format CorelDraw versi 13 (CorelDraw X3).
7. Untuk cadangan silahkan export ke PDF pada menu file CorelDraw.
8. Selesai
 

Baca Juga

TULISKAN KOMENTAR KAMU

Wajib diisi (No.hp akan kami rahasiakan)*

Nama *

Alamat *

No.hp *