Widget Ads

Projek

Miniatur Statsiun


Perkembangan alat bantu untuk belajar dari tahun ke tahun sangat pesat dari yang tadinya hanya harcopy berupa buku atau tulisan di papan tulis, berkembang menjadi menggunakan OHP, kemudian dibantu dengan computer berupa aplikasi Power Point, dikembangkan menjadi aplikasi animasi, dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini kami akan membagi hasil salah satu projek tentang media pembelajaran yaitu berupa hardware sebagai miniature statsiun.
Dengan media ini diharapkan calon masinis dapat lebih mengerti serta suasana belajar lebih bervariasi karena disertai bentuk dan suara asli seperti nyata walau dengan skala kecil. Memanfaatkan modul suara dan arduino serta berbagai macam komponen pelengkap lainnya, jadilah sebuah alat yang sangat berguna ini.
Cuplikan cara kerja bagian kontrolnya :

Modul suara diisi daftar suara yang sudah direkam sesuai dengan apa yang ada pada konsep media pembelajaran. Suara ini akan bunyi apabila tombol tertentu ditekan. Pemetaan tombol dan suara sudah ditentukan sebelumnya dengan jumlah lebih dari 30 tombol tentu suara juga sejumlah tombol tersebut. Saat suara bunyi media ini juga menyalakan LED sejumlah tombol tersebut. Led akan digunakan untuk indicator kode warna serta miniatur tanda.
Anda berminat membuat alat yang memiliki konsep sama? Perlu adanya suara, banyak tombol, banyak led? Kita sanggup mewujudkan keinginan anda. Jika Indonesia bisa, jika Jogja bisa, jika kami sudah terjamin kualitasnya kenapa harus memilih yang lain.

Tags

Baca Juga

TULISKAN KOMENTAR KAMU

Wajib diisi (No.hp akan kami rahasiakan)*

Nama *

Alamat *

No.hp *