Widget Ads

Coding

Pengertian dan Macam-macam Variabel pada Pemrograman


Pada dunia pemrograman, ada suatu istilah yang sangat sering disebut dan digunakan, yaitu variabel. Variabel itu sendiri adalah suatu wadah nilai yang dapat dinamakan dengan nama tertentu dan tipe tertentu. Sehingga jika kita akan melakukan suatu proses perhitungan atau proses penyatuan karakter, pembacaan data dan sebagainya kita memerlukan suatu tempat untuk menyimpan itu semua secara sementara. Dapat kita katakan variabel adalah kita meminjam ruang pada RAM dengan nama tertentu yang akan kita gunakan untuk menyimpan suatu nilai yang sedang atau akan kita proses. Sehingga jelas satuan variabel sebenarnya juga byte dengan jumlah total tergantung berapa kita menggunakannya.
Variabel walau berukuran byte tetapi mempunyai banyak tipe agar sesuai dengan data yang sedang diproses. Contohnya kita akan memproses data berupa angka dalam skala kecil maka kita menggunakan jenis byte, jika berupa angka yang agak besar kita gunakan integer, atau jika kita memproses suatu data karakter maka gunakan tipe char, atau jika suatu kata maka kita gunakan string, dan sebagainya.
Dalam suatu bahasa pemrograman banyak perbedaan dalam menyebut tipe variabel ini. Namun secara garis besar tipe-tipe variabel ini dapat dipisahkan menjadi berbagai tipe berikut :
- tipe data boolean berukuran 1 bit dengan keanggotaan 0 dan 1 dapat juga disebut true dan false
- tipe data byte berukuran 1 byte dengan jangkauan nilai 0 s/d 254 berupa bilangan bulat
- tipe data char berukuran 1 byte dengan jangkauan nilai -128 s/d 127 biasanya merupakan huruf/angka/karakter yang berupa kode ASCII.
- tipe data int (integer) berukuran 2 byte dengan jangkauan -32.768 s/d 32.767 berupa bilangan bulat
- tipe data float berukuran 4 byte dengan jangkauan -2.147.438.648 s/d 2.147.438.647 berupa bilangan real ataupun bilangan bulat
- tipe data long berukuran 4 byte dengan jangkauan 3.4e-38 s/d 3.4e38 berupa bilangan bulat
- tipe data double ukuran 8 byte dengan jangkauan 1.7e-308 sampai 1.7e308 berupa bilangan real ataupun bilangan bulat
- tipe data long double ukuran 10 byte dengan jangkauan 3.4e-4392 s/d 1.1e4932 berupa bilangan real ataupun bilangan bulat
- tipe data string berukuran dinamis yang merupakan susunan tipe data char, jika char hanya satu karakter maka string adalah kumpulan beberapa karakter
Selain dibedakan berdasarkan tipenya, variabel juga dibedakan berdasarkan jenis skala penggunaannya, ada dua jenis yaitu variabel lokal dan variabel umum/global/publik. Variabel lokal hanya digunakan untuk memproses data-data lokal dalam hal ini dapat disebut dalam sub program tertentu saja. Sedangkan variabel umum adalah variabel yang digunakan untuk memproses data dimanapun itu pada semua blok program atau program utama.

Baca Juga

TULISKAN KOMENTAR KAMU

Wajib diisi (No.hp akan kami rahasiakan)*

Nama *

Alamat *

No.hp *