Widget Ads

Projek

Monitoring Suhu dan Tegangan


Pada kesempatan kali ini akan kami bahas salah satu alat/sistem yang kami buat, yaitu monitoring suhu dan tegangan. Sesuai namanya, alat ini digunakan untuk memantau suhu dan suatu input dari sensor yang berupa tegangan dc. Suhu akan kita pantau secara nyata, kita benar-benar mengukur suhu. Namun pada pemantauan tegangan kita akan lakukan simulasi menggunakan trimpot agar memudahkan dalam pemahaman.
Alat ini digunakan untuk mencatat nilai yang dipantau jika melebihi suatu nilai tertentu yang kita sebut set point. Parameter yang dicatat adalah tanggal/waktu saat nilai input tersebut melebihi set point beserta nilai inut tersebut. Saat alat tersebut melihat ada input yang melebihi set point maka akan menghidupkan relay sampai alat tersebut dihidupkan ulang. Sehingga kita akan tau ada kondisi yang tidak beres saat alat tersebut menghidupkan relay. Kita akan mengetahui kejanggalan secara mendetail jika mengecek daftar catatan (histori) input terkait.
Kita dapat mengubah set point sesuai dengan apa yang kita kehendaki namun dengan aturan khusus yaitu disesuaikan dengan dimensi masing-masing input. Maksudnya misal input A adalah dari 0-1000, input B dari 0-500, dan sebagainya. Nilai set point tersebut disimpan pada eeprom dengan perbandingan yang berbeda pada masing-masing nilai. Misalnya 1 nilai input A berarti bernilai 4, atau 1 nilai input B berarti bernilai 2. Nilai ini dibuat demikian karena dimensi eeprom (media penyimpanan yang dipakai) hanya dalam skala byte (1 ruang) berisi 0-254. Sehingga jika maksimal kita inginkan 1000 maka dapat diwakili dengan angka 250 sehingga 1 nilai eeprom mewakili 4 nilai yang ditampilkan.
Lebih jelasnya akan dijelaskan pada video berikut.


Jika anda mempunyai keinginan membuat projek yang mempunyai salah satu fitur yang ada pada projek ini maka segera daftar menjadi member kami di sini dan tanyakan disana, gratis. Atau jika anda berniat bekerja sama dengan joatsy dalam pembuatan suatu alat segera pesan projek baru pada halaman member. Estimasi harga dan waktunya akan kami informasikan via email secara otomatis.


Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

TULISKAN KOMENTAR KAMU

Wajib diisi (No.hp akan kami rahasiakan)*

Nama *

Alamat *

No.hp *