Widget Ads

Komponen

Pengantar Raspberry Pi


Raspberry Pi, sering juga disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (Single Board Circuit /SBC)yang memiliki ukuran sebesar kartu kredit. Raspberry Pi dikembangkan oleh yayasan nirlaba, Rasberry Pi Foundation yang digawangi sejumlah developer dan ahli komputer dari Universitas Cambridge, Inggris. Ide dibalik komputer mungil ini diawali dari keinginan untuk mencetak generasi baru programer, pada 2006 lalu. Seperti disebutkan dalam situs resmi Raspberry Pi Foundation, waktu itu Eben Upton, Rob Mullins, Jack Lang, dan Alan Mycroft, dari Laboratorium Komputer Universitas Cambridge memiliki kekhawatiran melihat kian turunnya keahlian dan jumlah siswa yang hendak belajar ilmu komputer. Mereka lantas mendirikan yayasan Raspberry Pi bersama dengan Pete Lomas dan David Braben pada 2009. Tiga tahun kemudian, Raspberry Pi Model B memasuki produksi masal. Dalam peluncuran pertamanya pada akhir Febuari 2012 dalam beberapa jam saja sudah terjual 100.000 unit. Kini, sekitar dua tahun kemudian, Rasberry Pi telah terjual lebih dari 2,5 juta unit ke seluruh dunia.
Raspberry Pi memiliki dua model yaitu model A dan model B. Secara umum Raspberry Pi Model B, 512MB RAM. Perbedaan model A dan B terletak pada memory yang digunakan, Model A menggunakan memory 256 MB dan model B 512 MB. Selain itu model B juga sudah dilengkapai dengan ethernet port (kartu jaringan) yang tidak terdapat di model A. Desain Raspberry Pi didasarkan seputar SoC (System-on-a-chip) Broadcom BCM2835, yang telah menanamkan prosesor ARM1176JZF-S dengan 700 MHz, VideoCore IV GPU, dan 256 Megabyte RAM (model B). Penyimpanan data didisain tidak untuk menggunakan hard disk atau solid-state drive, melainkan mengandalkan kartu SD (SD memory card) untuk booting dan penyimpanan jangka panjang. Raspberry Pi merupakan komputer mini yang sangat murah.
(sumber Wikipedia)

Seperti halnya sebuah komputer, Raspi juga membutuhkan OS untuk bekerja. Bermacam-macam OS raspi yang dapat diinstal dalam kit tersebut, salah satunya adalah Raspbian atau linux debian mini. Untuk download OS nya silahkan ke tautan berikut : http://www.raspberrypi.org/downloads.
Dengan banyak kelebihan, raspi dapat digunakan sebagai pondasi membuat berbagai projek terkini pengganti komputer dengan kelebihan utamanya adalah mini dan hemat serta jangan lupa terdapat port IO yang langsung dapat berhubungan dengan sensor atau media in out lainnya seperti halnya mikrokontroler. Misalnya kita ingin membuat sebuah media player yang dapat auto on saat ada orang masuk ruangan, kan canggih itu. Dapat juga kita jadikan server file yang diakses melalui IP sehingga dapat mengaksesnya dari berbagai komputer atau internet. Dapat juga digunakan sebagai sistem keamanan ganda yang dapat merekam gambar, video, dilengkapi dengan log lengkap dan dihubungkan ke bermacam-macam alarm. Dan masih banyak lagi projek canggih yang dapat dibuat menggunakan papan mini ini.
Sebenarnya kita dapat juga menggunakan arduino untuk projek-projek canggih, namun dengan raspi kita dapat membuat projek yang lebih kompleks. Misalnya dibutuhkan jaringan, display LCD, suara, penyimpanan yang besar, ram yang lebih besar, dan sebagainya maka pilihan jatuh pada raspi karena dia memiliki semua itu sedangkan arduino masih perlu ditambahkan berbagai shield untuk dapat bekerja selayaknya raspi itu pun dengan kinerja yang terbatas.
Semoga kedepannya kita dapat membagikan berbagai projek dengan raspi ini, atau jika anda berminat membuat alat canggih berbasis raspi kami akan sangat bangga bekerja sama dengan anda.

Baca Juga

TULISKAN KOMENTAR KAMU

Wajib diisi (No.hp akan kami rahasiakan)*

Nama *

Alamat *

No.hp *