Widget Ads

Komponen

Mengenal IC 74HC595 (PART 1)


74HC595 adalah komponen yang memiliki fungsi sebagai shift register serial to parallel 8-bit, yaitu berarti mengubah inputan berupa data serial ke bentuk output paralel 8bit. Komponen ini sering dimanfaatkan untuk ekspansi port pada mikrokontroler atau fungsi lainnya. Intinya dapat menghemat port karena kita hanya membutuhkan 2 atau 3 pin saja untuk menghasilkan 8 pin baru, bahkan kelipatan 8 yang sangat banyak jika digabungkan.
Dalam pengaplikasiannya IC ini seringkali digunakan untuk membuat matrix led yang membutuhkan banyak sekali port output untuk mengendalikan tiap kolom dotmatrix. Namun perlu diingat bahwa kecepatan data serial dan paralel berbeda. Jika paralel data semisal 8bit dikirimkan akan langsung terkirim karena paket dikirim 8bit bersamaan. Berbeda dengan data serial yang harus bergantian sehingga memerlukan waktu penundaan per bit yang dikirimkan.
Pin inti dalam IC ini adalah OE (Output Enable), MR (Reset), DS (Data), SH_CP (Clock), ST_CP (Leached) dan Q0 s/d Q7 untuk outputnya dapat dilihat pada slide gambar.
Untuk menggunakan IC ini dengan cara memberi tegangan 5v pada kaki 16 dan GND pada kaki 8. Memberi logika 1 pada MR agar tidak tereset, dan memberi logika 0 pada EO. Data yang akan dikirim diset di pin DS (Data) misal kita ingin mengirimkan data 0 maka pin DS diberi logika 0, sedangkan SH_CP dan ST_CP dapat digabung untuk menjalankan clock. Setiap clock terjadi akan menggeset data ke output didepannya. Misalnya pada clock pertama kondisi pin DS adalah 1 dan pada saat clock kedua kondisinya 0 maka data 1 tadi diberikan ke Q1 dan kondisi terbaru yaitu logika 0 akan diberikan Q0, dan seterusnya. Lebih lengkapnya lihat gambar slide.
Penggunaan lainnya akan dibahas pada artikel berikutnya.

Baca Juga

2 komentar

  1. edi haryono

    carane mengcascade 2 atau lebih ic piye mas
  2. edi haryono

    carane mengcascade 2 atau lebih ic piye mas wo ya jelas sip

TULISKAN KOMENTAR KAMU

Wajib diisi (No.hp akan kami rahasiakan)*

Nama *

Alamat *

No.hp *