Widget Ads

Projek

Membuat Sendiri Lampu Strobo


Bagi yang belum tau, lampu strobe merupakan lampu yang sering digunakan polisi saat patrol dengan menarik perhatian dengan kelap-kelipnya biasanya disertai bunyi sirine. Sudah sangat banyak pengguna lampu ini pada kendaraan mereka. Harga yang terjangkau menjadi alasan kenapa banyak sekali pengguna lampu ini. Juga banyak sekali modelnya jenis kelap-kelipnya serta berbagai warna nya.
Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi ilmu untuk membuat strobe sendiri memanfaatkan komponen-komponen yang ada disekeliling kita. Dengan komponen utama sebuah mikrokontroler dan beberapa transistor serta resistor. Tentu saja dengan LED sebagai displaynya. Mikrokontroler yang dipakai adalah Atmega8 karena berbagai alasan diantaranya harga terjangkau, jumlah port cukup, dan bentuk kecil. Dengan dibantu oleh transistor C1815 serta A1015 akan mengendalikan hidup dan mati susunan seri parallel LED yang akan dinyalakan.
Cara kerjanya, atmega8 yang diisikan program akan mengeluarkan output berupa logic 1 dan 0, output ini akan dipakai untuk mengendalikan transistor PNP A1015 melalui kali Basis yang dijembatani oleh sebuah resistor 1K pada TR tersebut dengan kaki Emitor dihubungkan ke sumber 5 Volt dan kaki Colector akan diteruskan ke transistor NPN C1815 kaki Basis yang dijembatani resistor 1K. Transistor NPN C1815 akan mengambil tegangan 12volt melalui kaki Colector mereka sehingga saat transistor kerja karena Basis tersuplai arus tegangan tersebut akan diteruskan ke kaki Emiter yang sudah disambungkan ke susunan seri 3 buah led yang berujung ke ground. Output atmega akan dibalik oleh TR PNP, jika output 1 maka hasilnya Led akan mati dan kebalikannya jika output 0 maka Led malah akan menyala. Hal ini dikarenakan TR NPN bekerja saat mendapatkan tegangan 0 volt. Yang akan membangkitkan TR NPN yang akan meneruskan 12 volt ke LED.
Untuk detail rangkaian silahkan lihat di gambar.

Baca Juga

TULISKAN KOMENTAR KAMU

Wajib diisi (No.hp akan kami rahasiakan)*

Nama *

Alamat *

No.hp *